amsaLFoje?

Lasma Frida Manullang, lahir di Serang 31 Desember. Dari kecil minder dan baru saat di SMA baru bisa punya kepercayaan diri. Sampai saat ini masih suka ga Pe-De, tapi cara Tuhan mengasihi saya banyak mengubah saya dan membuka mata saya kalau saya unik dan berharga .

Pertama kali lahir baru di tahun 2001, saat perayaan Natal. Saat itu bisa ngerasain Tuhan memeluk saya dan saya langsung nangis bombay. Itu pertama kalinya saya merasakan bagaimana seseorang mengasihi saya dengan berlimpah. Rasanya seperti menemukan apa yang saya cari. Sejak itu saya mulai mencintai Tuhan dan terpaku pada setiap pekerjaan-Nya.


Keluarga saya adalah keluarga Kristen yang luar biasa (dari sudut pandang saya). Kami tidak punya mesbah doa, kami juga bukan orang-orang yang tidak pernah berbuat dosa. Bisa dibilang malah dalam lukisan keluarga kami ada torehan warna hitam. Ada saat-saat gelap dalam keluarga kami yang membuat kami hancur hati dan seperti berjalan dengan terseok, tapi di saat-saat itu saya bisa berbahagia dan tersenyum karena saya tahu di saat-saat itu Tuhan akan perlihatkan sesuatu yang besar. Masa-masa itu ga mudah, tapi penuh pengharapan dan doa.

Saya lulusan Psikologi Ukrida. Perjalanan 4 tahun duduk di bangku kuliah dan 3 tahun jungkir balik dengan skripsi. Tiga tahun itu saya sadari Tuhan bentuk saya jadi Lasma yang seperti sekarang. Kadang jadi orang yang keras, tapi kadang juga jadi orang yang rapuh dan cengeng. Yang pasti saya bersyukur banget dengan setiap pembentukan Tuhan. Setiap hal yang Ia ijinkan lewat kuliah saya, saya bisa merasakannya sekarang bahwa semua itu mendatangkan kebaikan. Dia mengajarkan saya dengan luar biasa.

Dunia pendidikan selalu menjadi hal yang saya perhatikan. Tiap ngomongin pendidikan bawaannya hancur hati. Bukan sekedar mengembangkan potensi tapi juga karakter yang kuat dan tangguh. Saat saya benar-benar terjun ke dunia pendidikan yang sebenarnya, ternyata memang di luar pikiran saya. Setiap bagian kehidupan punya sisi gelapnya sendiri. Yang pasti Tuhan selalu bilang untuk mensejahterakan tanah dimana saya ditempatkan. Tuhan ajar untuk saya meletakkan hati saya dimana pun saya berada, sekalipun saya melihat banyak hal yang ga berkenan di mata Tuhan.



Saat ini saya sedang dalam masa bangun hubungan secara khusus dengan sudah menikah dengan Gerry Adrianus Sewow yang diberi marga Simamora. Anak pertama kami dan satu-satunya saat ini Gi lahir waktu lebaran. Harusnya dikasih nama Ramadhan yaa. Sedang aktif-aktifnya. Kami menikmati setiap perkembangan dan pertumbuhannya. Terkadang kami dibuat "mabok", terkadang kami dibuat takjub.

Makin banyak tanggung jawab, makin sedikit kebebasan waktu. Sempat merasa kehilangan jati diri, tapi saya percaya itu proses Tuhan supaya saya bisa jadi penolong yang terbaik buat Aki. Kadang ngerasa sendiri dan berbagai perasaan kompilasi yang ga pernah saya rasakan waktu saya single. Hahahha. Pernikahan memang perjuangan, tapi lewat pernikahan makin banyak kita bisa melihat campur tangan Tuhan. Berbahagialah yang masih available. Hahahha.... Nikmati waktunya yaaa.

Pernikahan kami sudah masuk tahun ke 4. Puji Tuhan, Ia selalu ada di tengah-tengah hubungan ini. Waktu-waktu yang berat, Tuhan selalu ingatkan tentang kasih itu sabar, murah hati, lemah lembut dsb-nya. Kalau bukan karena penyertaan Tuhan, mungkin kami seperti pasangan yang punya ego besar dan saling menuntut. Kami punya karakter yang hampir mirip, jadi kalau Tuhan tidak banyak ajar kami, kami pasti sudah sering jotos-jotosan. Hahahhaha.... Saya punya mimpi yang besar tentang Aki. Bukan tentang pernikahan, baik tentang pernikahan juga tentang panggilan dia di dalam Tuhan.  Dia pria yang punya potensi besar dan entah dari mana saya hanya percaya kalau Tuhan akan pakai dia dengan luar biasa. Kalau saya bisa menjadi penolong yang bisa menolong dia mencapai apa yang Tuhan mau dalam hidup dia, saya akan sangat beruntung dan diberkati :"> (Thank you, Lord for my Aki -- <3 p="">



Hobi saya banyak. Mulai dari BLOGGING, menulis cerita, menggambar, menyanyi, dana nonton. Semua yang berbau mengeluarkan ide dan kreatifitas...Hmmmm...Sedaplah ituuuu....Bisa betah ga makan. Akakakka... Yang pasti semua hobi saya itu banyak terpakai di pelayanan seni peran di gereja. P-SRAN. Saya sangat beruntung bisa melayani di team ini. Team yang solid dan seperti keluarga. Mimpi saya buat P-SRAN saat ini cuma satu, PAGELARAN. Hihiihihihi...Tapi balik lagi, biar kehendak Tuhan yang jadi. Lagipula saya juga tidak bisa mengutamakan mimpi saya pribadi tanpa memperhatikan visi P-SRAN sendiri. (Apa kabar pelayanan??)


Kenapa Nama Blog-nya amsaLFoje??

amsaLFoje sebenarnya singkatan dari Lasma For Jesus. Kata amsaL diambil karena kalau dibalik menjadi nama saya sendiri 'Lasma'. Itu kenapa L-nya yang huruf besar.

Amsal sendiri sebenarnya menjadi kerinduan saya untuk Tuhan memakai saya lewat hikmat. Seperti Raja Salomo yang meminta hikmat di dalam hidupnya. Kepintaran dan talenta bisa di dapat siapa saja, tapi hikmat yang membuat orang dapat menentukan jalan yang bijak dan tidak semua orang mendapatkannya.

Saya pernah menyambungkan kitab Amsal dengan tanggal lahir saya dan saya menemukan ayat ini.

Amsal 31:12
 Ia berbuat baik kepada suaminya dan tidak berbuat jahat sepanjang umurnya.

Ayat ini menjadi doa pribadi buat saya untuk tidak lelah berbuat baik tidak cuma pada suami, tapi juga pada banyak orang. Amsal 31 secara keseluruhan menjadi doa saya, baik menjadi wanita bersuami atau pun wanita yang hidup selibat. Menjadi wanita yang memperhatikan kebutuhan seisi rumahnya (baca: sesamanya), pengajar yang baik, menolong orang lain mencapai potensi terbaiknya, dan membawa sukacita serta pengharapan.

Untuk memenuhi doa itu tentu saja tidak mudah, saya masih jatuh bangun dalam problem emosi dan berbagai permasalahan wanita. Tapi Tuhan saya yang hidup, Yesus Kristus, tidak pernah membiarkan saya menyerah. Dia selalu memberi saya kesempatan, membangkitkan semangat saya dan memberikan saya pengharapan. Paling penting lagi, Dia memberikan banyak pelajaran dan kebenaran yang menuntun saya untuk terus menjadi orang yang lebih baik.

Karena itu, saya selalu memutuskan untuk tidak menyerah. Tidak menyerah pada kepahitan, tidak menyerah pada dosa, tidak menyerah pada keputus asaan. Saya tidak menyerah karena Tuhan belum menyerah pada saya.


Inspirasi Nulis Biasa Dari Mana?

Dari kesalahan dan kebodohan saya sendiri, kesalahan dan kebodohan orang lain, baca buku, nonton film, berkat-berkat Tuhan, masalah di kehidupan sehari-hari . Tapi biasanya tulisan saya yang paling kena ke orang banyak waktu saya merenung dan bertanya sama Tuhan tentang banyak hal yang tidak saya mengerti. Pertanyaan-pertanyaan itu sering Tuhan jawab dengan cepat, tapi ga jarang juga Tuhan ajar saya dulu lewat pengalaman. Dari beberapa blog yang saya tulis, tulisan-tulisan yang Tuhan paksa tulislah yang ternyata banyak memberkati orang lain. Padahal setiap saya ingin menuliskannya saya sering merasa malu dan tidak berani. Karena ingin taat, saya tulis, dan ternyata memberkati orang banyak.

Anehnya, kalau saya mau menulis berdasarkan pengetahuan saya sendiri, biasanya ga jadi dan tersimpan di draft saja. Hal-hal yang sudah saya alami sendirilah yang akhirnya tercurah di blog ini. Saya sadari kalau Tuhan berikan saya hikmat lebih dari orang lain, (pada kenyataannya Tuhan memberi hikmat pada siapa saja yang memintanya dan setiap orang mencintai Firman pasti Tuhan beri hikmat lebih dari orang biasa :D) tapi di situ juga kesombongan saya. Makanya setiap saya mau pakai hikmat pemberian Tuhan itu, tanpa belum saya alami sendiri, Tuhan akan kasih masalah. Entahkah sebelum tulisan itu di post ataukah setelah tulisan itu di post. =.=

Yang pasti Tuhan memang sering 'memaksa saya menulis'. Seolah banyak kata-kata yang ingin Dia ucapkan untuk orang-orang yang sedang membaca blog ini. Jadi, blog ini sebenarnya cuma sarana dan pipa, supaya dia bisa berbicara pada anak-anak-Nya.

Sooo, inilah blog saya yang sederhana ini... Selamat menikmati :D. Tuhan memberkati.


Loved to Love?? 

Kalau semua orang di dunia menyadari kalau diri mereka dicintai, mereka akan mampu mencintai.
Kalau semua orang di dunia menyadari kalau mereka berharga, mereka akan mampu menghargai orang lain.
Kalau semua orang di dunia menyadari diri mereka unik dan spesial, mereka akan berhenti menuntut dan membandingkan.

Tapi semua itu tidak mungkin terjadi jika semua orang di dunia menutup mata pada Dia yang menciptakan manusia.
Karena hanya Dia yang mencintai dengan tanpa syarat.
Hanya Dia yang memandang berharga manusia yang paling buruk sekalipun.
Hanya Dia yang memandang manusia dengan unik dan meletakkan setiap pribadi di tempat yang khusus.

Hanya karena Dia
Kita bisa mencintai
Karena kita tahu kita dicintai.


Doaku Untuk Blog Ini

Saya menulis bukan untuk diri saya sendiri lagi. Saya menulis tentang Dia yang mengasihi saya dan kamu supaya saya dan kamu mengenal Dia yang hidup. Supaya kita mengerti KEBENARAN yang memerdekakan. Cerita saya bukan lagi untuk diri saya sendiri lagi. Tapi untuk kamu dan dia juga. Saya dikasihi oleh Tuhan karena itu saya mau mengasihi seperti Dia mengasihi saya...(saya berjuang untuk itu) & saya mengasihi lewat tulisan-tulisan ini... Biar kamu juga bisa merasakan kasih Tuhan dalam hidup kamu. Kasih yang memerdekakan dan menghidupkan. Saya tidak akan menyimpannya sendiri karena itu, saya membagikan kasih itu di sini.
Biar hati dan pikiran saya bekerja dengan kreatifitas dan hikmat yang Tuhan berikan... dan Roh Kudus, yang menjadi partner saya menyempurnakannya dengan berbagai pengertian yang dari surga.
Tuhan beserta kita semua. Amin


~ amsaLFoje~




recent posts

Popular Posts

Add Me ON

Blogger Perempuan

BB Member

Daftar Blog Saya

Subscribe