Gi Toilette Training 4

Minggu, Mei 21, 2017



Weekend.. Weekend... Enaknya nulis. Hehehe. 

Dan memutuskan menulis tentang kelanjutan toilet training Gi. Buat kenang-kenangan dan mungkin ada mahmud2 yang lagi berjuang buat bocah2nya buat lebih mandiri. 

Jadi, seteleh melewati perjuangan ajarin Gi pipis dan pup di toilet supaya lepas popok

Lihat   

Akhirnya kami bisa juga ajarin gi supaya ga ngompol di kasur waktu tidur malam. Yah, lebih tepatnya sih mengontrol pipisnya karna Gi sendiri belum benar-benar bangun minta pipis tengah malam. 

Perjuangan di minggu-minggu awal, tiap hari harus ganti seprai. Emang ga pake perlak?? Ga, biar Gi ngerasain kalau ngompol itu ga nyaman. 

Akhirnya karena Gi bobonya kayak papanya, kalo ada yang teriak juga kagak bangun.. Kebiasaannya yang kami ubah. Selain harus pipis sebelum bobo, pas mau bobo ga boleh minum susu. Minum susu waktunya harus jauh sebelum waktu buat bobo. 

Beberapa hari awal berat euyy. Gi minta dibikinin susu terus. Emaknya tegas bilang ga biar Gi ga ngompol. Dari ngamuk sampai nangis deh baru dia bobo. 

Tegaa yaaa.. Iya, mau ga mau harus tega. Toh bukan melarang minum susu tapi mengubah jamnya. Mumpung dia masih kecil yang kalau mau diajarin kebiasaan baru palingan cuma butuh 3 hari sampai 1 minggu. Kalau udah gede kan udah bisa ngejawab, yang ada jelasinnya panjang kali lebar hahhaha. 

Ompung sama omanya liatnya juga suka ga tega. Nanya "Ga dikasih susu?" ya saya jawab ga, ntar ngompol. 

Inget banget ekspresi wajah ompungnya liat saya aneh. Mungkin keliatan saya terlalu keras. Tapi Puji Tuhan sih ga dipermasalahin. Kalau omanya malah lebih cepat ngerti. 

Udah 2 bulan ini Gi bener-bener ga pakai popok. Kami juga sudah ga nyetok. Cuma pas mau pulang ke Cilegon karena perjalanan panjang, Gi kami pakaikan popok. 

Yang lucu di awal-awal Gi lepas popok pas bobo malam, ada teman bertanya gimana caranya ajarkan anak bobo tanpa ngompol. Saya jelaskan panjang lebar. Dalam hati, berasa sok pakar ntar tahu2 si Gi ngompol ntar malem. Eh bener, malamnya Gi ngompol sampai 3 hari berikutnya juga. 

Terjadilah sesuai dengan imanmuuu 

Jadi, kuncinya sih

1. Orang tua sudah siap kalau anak ngompol. Jangan dimarahi. Saya ada sempat marah sih karna udah capek seharian, tau2 kebawa emosi. Tapi jangan marah, jangan juga dipuji apalagi tertawa. Beri pengertian kalau mau pipis bilang Mama. Walau mungkin dia ga langsung nurut. 

2. Ubah kebiasaan yang memancing anak bisa ngompol. Seperti gi minum susu sebelum tidur. Harus berani dan tegas mengubah kebiasaannya. Diingat2 saja, ini buat kebaikan mereka kok. Tegas sama anak bukan berarti ga sayang. 

3. Orang tua menjadi disiplin lebih dulu. Kalau orang tuanya males2an ajak anak ke toilet, pasti anak juga ogah. Jadi memang harus kitanya orang tua dulu yang mendisiplin diri. Selama saya membiasakan Gi ini, saya juga ada males2 ajak dia ke toilet sebelum tidur. Bawaan mau langsung tidur saja. Tapi ya harus bertahan yaa. Minimal 1 minggu aja, kita mulai terbiasa. Begitu pun anak. 

Sebenarnya ga selancar yang dibayangkan. Saya sendiri ada baper2nya dan mewek2 karna lelah, tapi ya harus semangat lagi. Kan ga mungkin anak umur 2 tahun ngertiin orang tua... War biasaahh kalo iya. 

Hehhehe... Semoga mahmud2 yang lagi berjuang dengan bocah2nya tetap semangat yaaa. Hanya sementara mereka menjadi anak2. .. Ajar selagi bisa dan isi ulang terus kesabarannya.

You Might Also Like

0 op-knee

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komentarmu yaa. Saya juga akan mampir ke blogmu ;)

recent posts

Popular Posts

Add Me ON

Blogger Perempuan

BB Member

Daftar Blog Saya

Subscribe