Blogging: Cara Menginstal Template Pada Blogger

Minggu, Oktober 16, 2016

pixabay

Bosen dengan template blogger yang itu-itu aja? Pengen punya blog seperti blognya para seleb blog yang minimalis tapi kece? Ternyata caranya gampang banget loohh. Saya juga baru belajar mengubah template saya menjadi lebih minimalis dan nyaman dilihat di minggu ini. Ya, hasil dari mengotak-atik sendiri pastinya.


Tapii, saya bukan mengubah code secara manual. Heheheh. Cukup dengan mendownload template gratis dari berbagai website yang menyediakan, pilih-pilih dan coba, ketemu deh template yang sesuai dan enak di mata saya (semoga di mata pembaca juga).

Untuk template yang saya pakai saat ini, saya mendownloadnya dari GOOYABI. Di sana ada berbagai template yang bagus-bagus dan ramah di mata. 

Setelah mendownload, terus gimana cara pasangnya?? Itulah pertanyaan pertama yang ada di kepala saya, itu  kenapa saya membuat tutorial ini untuk membantu teman-teman yang sedang mencoba mengutak atik blog supaya lebih enak dipandang.

Jadi silahkan disimak ya dan mohon masukannya ^^

1. Buka dashboard blogspot. Jika teman-teman punya lebih dari 1 blog, klik tanda panah ke bawah pada pilihan setting, lalu pilih template




2. Pada setingan template, klik pada bagian CADANGKAN




3. Akan muncul tampilan seperti ini. Klik Choose File




4. Buka folder di mana kita sudah mendownload template. Pastikan file yang akan kita gunakan sudah diekstrak dari bentuk zip. Bagaimana cara mengekstrak file zip? Cukup klik kanan dan pilih "Extract Here". Yang dilingkaran merah adalah file yang saya download dari website dan yang di lingkaran biru adalah file yang sudah saya ekstrak. Buka di folder tersebut.




5. Di dalam folder cari dokumen XML untuk diunduh ke dalam template blog. Dokumen XML itu seperti apa sih bentuknya?? Seperti yang saya beri lingkaran biru yaaa. Langsung klik OPEN.




6. Setelah memilih template, klik UNDUH. Selesai. Gampang kan?? Cumaaa. Tampilan tata letak kemungkinan akan berantakan. Jadi, tahap terakhir adalah mengatur ulang tata letak widget dll supaya lebih rapih. Gampang kan??

Tata letaknya masih berantakan. Tinggal rapihin ajaa

Tampilan awal

Tampilan setelahnya.


Kalau misalnya ternyata template yang kita pasang ternyata kurang sreg dihati, tinggal lakukan langkah yang sama dengan memakai template yang lain. Ada baiknya memang lihat contoh tampilan templatenya sebelum download. Biar ga habisin kuota hihi.

Ok, selamat mencoba yaaaa ;)

You Might Also Like

0 op-knee

recent posts

Popular Posts

Add Me ON

Blogger Perempuan

BB Member

Daftar Blog Saya

Subscribe