Tips Mengatur Jadwal untuk Kegiatan Ibu Rumah Tangga

Senin, Januari 18, 2016

Walau pun sudah punya jadwal sendiri, tetap saja masih suka ga disiplin. Apalagi kalau masuk liburan. Jadi sering jadi beralasan buat bolong sama jadwal yang akhirnya mulai dari awal lagi buat bangun kebiasaan.

Akhirnya memutuskan nyari artikel kayak gini buat pengingat. Ga ada yang memotivasi dan kasih pencerahan, ya cari sendiri.

Sumber: http://k9866.com/2015/10/19/tips-mengatur-jadwal-untuk-kegiatan-ibu-rumah-tangga/

Ditulis olehrida tera

Tips Mengatur Jadwal untuk Kegiatan Ibu Rumah Tangga – Apakah Anda seorang ibu rumah tangga? Jika iya, maka Anda tentu sudah tahu bahwa kegiatan ibu rumah tangga sehari-hari bukanlah persoalan mudah. Anda tidak pernah libur dari mengurus anak dan suami, ditambah lagi tugas-tugas dalam rumah. Membersihkan rumah, mencuci pakaian, memasak, memeriksa stok makanan di kulkas, memeriksa peralatan rumah, mengatur anggaran, dll.

Tips Mengatur Jadwal untuk Kegiatan Ibu Rumah Tangga

Anda adalah kunci utama keluarga bisa berfungsi baik dan sehat. Namun banyaknya pekerjaan tersebut bisa jadi tidak efektif jika Anda tidak mempunyai rutinitas yang teratur. Untuk itulah, membuat jadwal supaya Anda lebih terorganisir adalah kewajiban. Jadwal berguna untuk:

*Mengurangi stress karena Anda mempunyai kehidupan sehari-hari yang lebih teregulasi.
*Anda tahu apa saja yang Anda perlu lakukan, karena jadwal membuat Anda sulit lupa.
*Membuat Anda bisa mengatur waktu dengan lebih efisien, karena sudah ada patokan.
*Memberikan kesempatan bagi Anda untuk beristirahat.
*Namun mengatur jadwal kegiatan wanita rumah tangga tidak selalu mudah. Apalagi kalau Anda belum terbiasa melakukan manajemen waktu.

Untuk itu, mulailah dari:

Malam sebelum tidur, sediakan waktu setidaknya 15 menit untuk evaluasi pekerjaan hari itu, dan tulis apa saja yang selesai dan belum.

Buat daftar lengkap apa saja pekerjaan harian Anda, dan tulis di tempat yang mudah terlihat. Pintu kulkas misalnya.

Berikan detail untuk daftar pekerjaan di hari itu, seperti bahan-bahan untuk memasak, sehingga Anda lebih hemat waktu.

Berikan perkiraan waktu dalam melakukan tugas, sehingga Anda punya patokan jelas dan tidak menunda.
Selipkan waktu istirahat ataupun waktu bagi diri Anda sendiri.

Kalau Anda sudah terbiasa dengan jadwal, tambahkan target dalam jadwal supaya memotivasi Anda.

Jangan lupa lakukan evaluasi untuk setiap kegiatan yang Anda lakukan hari itu, dan apa saja yang bisa Anda kembangkan. Kegiatan ibu rumah tangga yang terjadwal dan tertarget justru akan membuat Anda tidak terlalu stress, karena Anda tahu persis apa yang harus dilakukan. Keteraturan ini juga akan mempermudah Anda dalam memasukkan waktu untuk melakukan hobi baru ataupun waktu merawat diri sendiri.

Menjadi ibu rumah tangga adalah profesi yang sibuk, tidak kalah dibandingkan profesi lainnya. Bahkan bisa dibilang, kegiatan ibu rumah tangga cukup berat, karena tidak pernah ada liburan. Rumah harus selalu bersih dan dirawat, cucian selalu ada, suami dan anak juga harus diurus. Tak heran jika banyak ibu rumah tangga yang stress.

Apakah Anda juga demikian? Kegiatan wanita rumah tangga yang padat namun monoton bisa membuat banyak ibu-ibu menjadi stress. Hal ini biasanya juga terjadi ketika:

Anda merasa bahwa hidup begini-begini saja, tidak ada perkembangan.
Ada penyesalan karena berhenti bekerja, sehingga tidak bisa mendapat penghasilan tambahan.
Rumah tangga orang lain terlihat lebih bahagia, lebih teratur, daripada kehidupan Anda.

Semua hal itu bisa jadi alasan kenapa banyak ibu rumah tangga yang menjadi stress. Namun Anda bisa meringankannya dengan cara:

Buat jadwal kegiatan
Orang biasanya menjadi stress jika kehidupannya tidak terorganisir dengan baik. Jadi buatlah jadwal sehari-hari, jam-jamnya, dan juga waktu istirahat Anda sendiri.

Mengobrol
Jangan menganggap bahwa bergosip dengan tetangga atau mengobrol itu membuang waktu! Manusia adalah makhluk sosial, dan interaksi dengan sesama ibu rumah tangga lain akan membantu melepaskan stress.

Coba hal baru
Sebagai ibu rumah tangga, Anda juga punya kesempatan untuk mencoba hobi baru. Anda bisa mencoba dekorasi ulang rumah, memasak menu baru, mencoba keterampilan tangan seperti menjahit, dll.

Dengarkan musik
Musik selalu menjadi sarana pengurang stress yang efektif. Putar musik kesukaan Anda, bahkan menarilah sambil mengerjakan pekerjaan harian. Toh, tak ada yang melihat Anda.

Olahraga
Luangkan waktu untuk merawat diri Anda dengan olahraga. Selain membuat penampilan menarik, olahraga juga membantu mengurangi tekanan stress.

Kegiatan ibu rumah tangga tak ada habisnya, dan seringkali tidak di apresiasi oleh banyak orang. Namun jangan kecil hati! Ibu rumah tangga adalah tiang utama kestabilan keluarga, dengan peran yang penting mengurus orang-orang yang Anda cintai, jadi prioritaskan dulu kebahagiaan diri sendiri. Ketika Anda merasa senang dan bahagia, barulah Anda bisa melakukan tugas dengan efektif.

You Might Also Like

0 op-knee

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komentarmu yaa. Saya juga akan mampir ke blogmu ;)

recent posts

Popular Posts

Add Me ON

Blogger Perempuan

BB Member

Daftar Blog Saya

Subscribe