Golput atau Tidak?

Senin, Maret 03, 2014

Tadi baru baca status teman FB yang mengajak Golput. Waktu beberapa bulan lalu juga baca kaskus yang penulis threadnya bilang tahun ini lebih milih jadi Golput.
Golput atau ga sebenarnya hak setiap orang, tapi sayang sekali kalau kita memilih golput. Kenapa? Saya sering berpikir satu tindakan kecil kita atau suara kita akan menentukan baik atau tidaknya negeri ini ke depannya. Seandainya karena satu suara golput akhirnya orang yang tidak tepat duduk di bangku kepemimpinan, bukankah sayang sekali? Apalagi kalau yang golput ratusan ribu orang.
Kalau mau bilang, kita pilih golput kemungkinan oranga yang salah kemungkinan besar akan terpilih. Kalau kita pakai suara kita, kemungkinan ada dua. Suara kita akan membantu terpilihnya orang yang tepat atau tetap dengan ada kemungkinan lain orang yang tidak tepat juga terpilih.
Tapi... Sekarang ini kan sudah ada website dari KPU yang menolong masyarakat untuk menilai dan mempelajari latar belakang para caleg. Kalau memang kita tidak ingin suara kita sia-sia, ya website ini harusnya kita manfaatkan. Dengan cari tahu latar belakang caleg, kita bisa jadi pemilih yang cerdas.
Kita juga bisa menilai kinerja caleg dari periode kepemimpinan tahun lalu. Kalau menurut kita buruk, ya jangan pilih dia lagi.
Jadi, pilih golput atau tidak itu terserah tiap orang. Tapi, jika kita ingin memajukan bangsa ini, kenapa kita harus golput dan tidak berani ambil resiko mempercayakan kepemimpinan di tangan orang-orang yang memang mau memimpin?
Jangan marah ya, tapi menurut saya golput itu seperti memilih kondisi aman supaya tidak kecewa. Giliran pemimpin yang terpilih tidak benar, golput bisa dengan bebas mengkritik dan membenarkan keputusan tidak memilih. Padahal orang yang golput menurut saya tidak berhak menuntut pada pemerintah. Kenapa? Karena mereka tidak memilih. Tidak ada satu pun pemimpin di pemerintahan yang mewakili golput. Mereka hanya mewakili orang-orang yang memilih mereka. Itu menurut saya...
Mau golput atau tidak? Terserah anda :D.
amsaLFoje via Blogaway

amsaLFoje via Blogaway

You Might Also Like

6 op-knee

  1. Very true, "Giliran pemimpin yang terpilih tidak benar, golput bisa dengan bebas mengkritik dan membenarkan keputusan tidak memilih. Padahal orang yang golput menurut saya tidak berhak menuntut pada pemerintah. Kenapa? Karena mereka tidak memilih. Tidak ada satu pun pemimpin di pemerintahan yang mewakili golput.

    BalasHapus
  2. temanku bilang, tidak memilih pun adalah pilihan. iya juga sih...apalagi kalo masalah caleg, terus terang aja aku yang beberapa kali ikut rapat sama nggota dewan, ilfil ngeliat kelakuannya, makanyo..aku mengerti kok napa ada orang yang memilih untuk golput. yah, paling ngga, masuk akal lah menurutku golput dengan catatan ga males datang untuk mencoblos semua yang di kertas suara, supaya kertas suaranya gak dipergunakan pihak2 yang gak bertanggung jawab.

    BalasHapus
  3. Miris sih emang, Meg. Tp entah kenapa gw ga percaya diantara caleg yg kurang bisa mewakili rakyat itu, ga ada satu pun yg bner2 orang yg pny hti bwt rakyat....*mungkin gw yg terlalu ngareppp...:(

    BalasHapus
  4. hahahaha, dirimu gak salah dunk ma karena berharap, daku yang kurang berharap nih, karena lama gak mendoakan mereka nih. ada lah yang bener pasti, cuma jumlahnya dikit, huhuhuhu, jadi yang keliatan yang gak bener. dan pengalaman ikut pembahasan sama dewan tu bikin ilfil, apalagi bahas anggaran, karena ujung2nya mereka minta duit. dan kalo di tv ada masalah lobi2 untuk proyek aku dah ga heran , wong di tingkat kabupaten aja gitu kok. blom lagi bagi2 proyek untuk anggota dewan ato pejabat, nangis deh ngeliatnya.


    2014-03-05 20:44 GMT+07:00 Disqus :

    BalasHapus
  5. kuat-kuat doa dah Ma kita, kalo ngga beneran hopeless deh


    2014-03-06 11:22 GMT+07:00 Disqus :

    BalasHapus
  6. fabulous and awesome piece of information, I had come to know about your site from my friend naveen,banglore, i have read atleast nine posts of yours by now, and let me tell you, your site gives the best and the most interesting information. This is just the kind of information that i had been looking for, i'm already your rss reader now and i would regularly watch out for the new posts, once again hats off to you! Thanks a lot once again,Regards, bob marley quotes

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komentarmu yaa. Saya juga akan mampir ke blogmu ;)

recent posts

Popular Posts

Add Me ON

Blogger Perempuan

BB Member

Daftar Blog Saya

Subscribe