Cara membuat cloth diaper

Sabtu, Februari 01, 2014

Selain makanan bergizi, si kecil yang belum genap berusia 4 tahun masih membutuhkan popok yang harus selalu dipakai selama 24 jam dalam sehari. Popok sekali pakai sering menjadi pilihan para ibu karena memang lebih praktis. Popok jenis ini memang tidak membuat Anda ribet, namun tahukah Anda bahwa popok dengan bahan plastik di dalamnya lebih bisa membuat kulit bayi teriritasi dan lecet? Cobalah untuk mengurangi intensitas penggunaan popok sekali pakai dengan menggunakan alternatif popok kain.

Popok kain juga banyak dijual di pasaran. Tapi, Anda pun bisa membuatpopok kain sendiri dengan menggunakan bahan-bahan kain yang ada di rumah. Membuat popok kain ini terbilang cukup mudah karena bentuknya yang simpel. Anda bisa menggunakan kain katun yang lembut dan kain handuk yang tipis. Siapkan juga beberapa pita dengan panjang kurang lebih 40 cm atau perekat kain. Lebarkan kain tersebut di atas meja potong dan buatlah pola seperti angka 8. Angka 8 memiliki sisi dan lebar yang sama. Untuk popok kain, buatlah sisi atas dari pola angka 8 tersebut lebih lebar hingga berukuran lebih besar dari lingkar pinggang si kecil. Jika dipandang sekilas, popok kain ini akan terlihat seperti corong. Buatlah beberapa helaipola karena 1 popok kain membutuhkan paling tidak 2 layer.

Setelah memotong kain sesuai dengan pola di atas, pasangkan masing-masing kain katun dengan kain handuk. Ingat, bagian yang dijahit adalah bagian dalam dari popok, jangan bagian luar. Posisikan kain yang bagus di bagian dalam menghadap ke potongan kain yang lain. Jahit sisi samping popok dan sisakan 15-20 cm agar memudahkan Anda untuk membalik kain tersebut. Setelah dibalik, jahit lagi bagian pinggir popok agar tidak melembung dan bergeser.

Setelah selesai menjahit semua popok kain, potong pita sepanjang 40 cm tadi menjadi 2 bagian. Jahit pita di sisi popok yang berukuran lebih lebar. Begitu pula di sisi yang lain. Buatlah kolong di sisi kain katun popok. Cara menggunakan popok ini adalah sisi yang lebih besar untuk bagian belakang dan sisi lebih kecil untuk bagian depan. Ikat pita di bagian depan dengan memasukkannya ke dalam kolong terlebih dahulu agar tidak mudah lepas. Jika Anda memilih perekat, jahit perekat pada bagian kanan dan kiri polapopok yang lebih lebar; jahit perekat ini pada kain handuk. Untuk bagian depannya, jahit perekat pada bagian depan di sisi kain katun. Popok kaindengan perekat memang lebih efisien untuk dipakai namun akan membuat popok terasa lebih kaku dan membuat si kecil sedikit tidak nyaman pada bagian perutnya.


amsaLFoje via Blogaway

You Might Also Like

0 op-knee

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komentarmu yaa. Saya juga akan mampir ke blogmu ;)

recent posts

Popular Posts

Add Me ON

Blogger Perempuan

BB Member

Daftar Blog Saya

Subscribe