Post Ke 500 : Pengaruhmu Terhadap Orang Yang Tidak Kamu Kenal

Di pagi hari, saat saya begitu malas beranjak dari kasur dan pergi bekerja. Sering kali saya tergoda untuk datang terlambat ke sekolah. Tapi pada akhirnya sih, tetap berusaha tidak terlambat juga. Saya sering jaga piket buat ‘menangkap’ anak-anak yang telat, bagaimana bisa saya datang telat juga?? Itu yang saya pikirkan. Teladan saya akan mempengaruhi anak-anak ini.

Tahu sistem MLM?? Seperti pohon yang bercabang-cabang dan menjadi luas kemana-mana.

Kadang-kadang saya berpikir setiap tindakan saya seperti itu. Satu benih yang jatuh di tanah dan bertumbuh sampai bercabang-cabang.

Benih itu tindakan saya dan tanah adalah orang-orang yang melihat tindakan saya dan belajar dari apa yang saya lakukan walaupun saya tidak tahu kalau orang itu mengamati saya. Yup, Tuhan sering mengingatkan hal ini pada saya.

Tindakan apa pun itu, tersenyum, diam, melotot, buang muka, buang sampah sembarangan, berpakaian rapih atau asal, berkata baik atau buruk… semuanya mempengaruhi 1 atau 2 orang di sekeliling kita. Orang yang melihat apa yang kita lakukan akan mengolahnya dalam pikiran dan hatinya dan membuat pemahaman baru. Oh, ternyata kalau kayak begini gpp. Oh, kalau kayak gitu ga boleh yaa..Oh, ternyata lebih baik seperti ini.

Itu namanya modelling. Tindakan meniru tindakan orang lain.

Kita ga pernah tahu siapa yang terinspirasi dari hidup kita. Baik lewat kebaikan kita atau pun kesalahan kita. Saat orang lain terinspirasi dari hidup kita, dia akan melakukan atau berpikir yang mirip-mirip dengan kita dan orang yang berada di sekitar orang itu akan belajar dari dia. Secara tidak sengaja kita telah mempengaruhi orang lain lewat orang yang berada di sekitar kita.

Bingung ga? Gimana menjelaskannya ya.

Misalnya KITA mengenal A, A meniru cara berpikir kita dan perilaku KITA ..Orang-orang yang berada di sekitar A terpengaruh cara berpikir A dan perilaku A. Maka secara tidak langsung KITA sebenarnya mempengaruhi orang-orang yang ada di sekeliling A walau mereka tidak mengenal KITA.

Seperti sebuah efek domino… Jika ingin melakukan perubahan besar..Mulailah dari perubahan kecil. Paling penting, kita tidak sendirian di dunia ini. Sekalipun tidak banyak orang yang mengenalmu atau pun kau bukan artis, tapi setiap tindakanmu mempengaruhi orang lain, bahkan secara tidak sadar kau mempengaruhi orang-orang yang tidak kau kenal.

Maaf topiknya ngejelimet. Hanya ingin menyampaikan apa yang saya pikirkan sejak saya mengenal Tuhan :D

6 Comments

  1. selamat ya utk postingan ke 500 ! terus semangat menulis ya, your loyal reader here. GBU Lasma

    BalasHapus
  2. Wooow~ Postingan ke 500 XD keren! Semoga aku juga bisa sampe ke angka itu ;) keep writing mbak :) ga terhitung orang yg udah terberkati oleh postingan mbak lasma heheheh keep shining :D

    BalasHapus
  3. @Anita: thank you Anita ^^v. Dirimu juga pasti bisaaaa. Tentunya dengan hikmat n kreatifitas yang udah Babe kasih. Cerpen-cerpenmu kan unik2.

    BalasHapus


UNFAMILIAR LOVER Semua orang seolah-olah bersepakat tidak menceritakan apa yang sebenarnya terjadi pada Hira 1 tahun yang lalu. Ingatan tentang penyebab kecelakaan yang dialami Hira, seolah tersapu bersih dari kepalanya. KLIK GAMBAR untuk lanjut baca

FREE DOWNLOAD CHRISTIAN ILLUSTRATION Ilustrasi-ilustrasi ini bisa kamu download secara GRATIS. Kamu bisa pakai ilustrasi ini untuk pelayanan dan penggunaan personal. KLIK GAMBAR untuk bisa lihat ilustrasi lainnya.

KAPAL KAWAN Inilah kumpulan cerita tentang persahabatan. Kisah cinta tanpa asmara bagai saudara walau tak sedarah. KLIK GAMBAR untuk baca GRATIS