Ngakak Sepanjang Film THE CROODS

Selasa, Maret 26, 2013


Sudah nonton kartun baru keluaran DreamWorks?? Yang satu ini kamu harus nonton. THE CROODS!!


Saya dan Aki nonton film ini kemarin. Tadinya sih memang ga ada rencana mau nonton karena memang lagi ga ada film yang Ok. Kebeneran Aki baru gajian, Aki ajakin nonton! Yeaaayy!!

Ngomong-ngomong soal nonton, kita berdua memang lagi berhemat, tapi tidak pernah berpikir untuk memotong budget kita buat nonton. Baik nonton film atau teater, tapi tentu saja ga semua film atau drama teater kita tonton. Akakakka... We love movies... and stories so muchhhh... Kalau ada film bagus bisa nonton berulang-ulang. Main ke tempat Aki juga kalau lagi ga ngobrol sama Om & Tante ya nonton dari laptop Aki. Nonton youtube. Malam Minggu Miko atau Opera Van Java. Bisa ngakak-ngakak lupa diri.

Nah, film The Croods ini.. Tadinya, saya dan Aki agak skeptis sama nih film. Aki bilang sih kayaknya bakal jayus. Saya lebih ga ngerti lagi karena belum liat poster dan baca sinopsisnya. Aki cuma bilang kartun dan saya cuma bertugas bagian tiketing alias beli tiket.

Waktu nonton, kita masuk agak telat karena Aki nyampe Mall Puri juga telat. Padahal biasanya dia paling ga mau telat masuk ruang teater. Yah, hobi yang lainnya soalnya nonton trailer film :p. Buat referensi dan cari tahu film apa lagi yang bakal nongol.

Kita masuk dan duduk di kursi D11 & D12 itu pas suara Emma Stone mulai bercerita. Begitu liat gambarnya langsung ngerti deh saya kalau itu film kartun tentang jaman purbakala. Selesai pengantar dari Emma Stone... Sepanjang film di putar saya ketawa ngakak.

Emangnya tentang apa?
Ini film bercerita tentang satu keluarga purba (bukan marga Purba) yang tinggal di dalam goa. Kebiasaan mereka sehari-hari, pagi hari keluar goa, mencari makan..setelah sore, sebelum matahari terbenam masuk lagi ke dalam goa. Persepsi mereka, kalau matahari menghilang berarti bahaya datang. Itu diceritakan berkali-kali oleh Grug si kepala keluarga. Cerita ini dia sampaikan pada keluarganya untuk menjaga keluarganya dari bahaya.

Tapi ternyata putrinya, Eep tidak berpikir seperti ayahnya. Ia gadis muda yang penuh rasa ingin tahu akan hal-hal baru. Tidak ada rasa takut dalam dirinya. Sedangkan menurut ayahnya, setiap orang harus menjaga rasa takutnya karena rasa takut menjaga diri mereka dari bahaya.

Grug sangat takut keluarganya terkena bahaya (mungkin kecuali mertuanya..dia sangat ingin mertuanya cepat mati :p).. Ia mengatakan hal baru adalah sesuatu yang mengerikan. Maka keluarganya juga berpikir seperti itu. Mereka hidup dalam kebiasaan yang begitu-begitu saja. Tidak ada tujuan dan tidak ada tantangan.

Sampai Eep bertemu Guy. Guy manusia yang berbeda. Tidak seperti manusia goa. Dia kurus dan lemah, tapi dia cerdik dan pintar. Dia bisa membuat 'matahari kecil' (api). Eep dan keluarganya berpikir Guy mengeluarkan api dari mulutnya dan berpikir api adalah 'pet' (hewan peliharaan) akakkakak.... Guy menceritakan tentang dunia yang baru. Dimana mereka bisa melihat hari esok.

Untuk Grug dan keluarganya, cara berpikir Guy aneh. Bagi mereka, tempat yang aman adalah goa mereka. Hari esok itu tidak bisa dilihat. Tidak mungkin bisa dilihat.

Sampai goa mereka akhirnya hancur karena pergeseran bumi, Grug mau tidak mau mengikuti Guy untuk membawa keluargnya ke goa yang lebih baik. Tempat dimana ia bisa menjaga keluarganya dari bahaya.

Di situlah petualangan dimulai.





Dari segi cerita, film ini kerena banget. Tokoh Grug, sang kepala keluarga yang sangat ingin menjaga keluarganya dengan susah payah terkadang menggunakan cara yang salah. Di satu titik, mau tidak mau ia belajar mempercayai anak-anaknya dan keluarganya sendiri bahwa mereka bisa menjaga diri mereka sendiri. Mengubah cara berpikir yang lama, menjadi lebih terbuka juga menjadi hal yang sulit untuk Grug, karena biasanya ia hanya menggunakan otot (padahal tidak juga, waktu berburu toh dia menggunakan ide :p) Di sisi lain, hati bapa Grug sangat kuat. Ia mengorbankan dirinya sendiri demi keselamatan keluarganya. Tapi, tentu saja film ini tetap happy ending.

Segi karakter, film ini menampilkan simbol kecantikan yang berbeda. Wanita cantik bukan lagi yang kurus, ramping, tapi yang berotot dan kuat. Waktu Guy katakan pada Eep " Kau sangat kuat.", ditelinga Eep jaman sekarang mungkin seperti, " Kau sangat cantik.". Tiap jaman memiliki simbol kecantikan yang berbeda, seperti itu kira-kira kesimpulannya.

Dari sinematografi, film ini mengingatkan saya pada film Life of Pie. Penuh warna dan bikin kita...aaaa..uuuu..oooo...Keren banget pokoknya. Belum lagi macam-macam hewan yang dibuat aneh-aneh. Idenya benar-benar GILA. Love this movie banget daaaaaaaaahhh...

Kudu nonton!!

You Might Also Like

2 op-knee

  1. lasmaaaa kamu ke purii or cp you should contact me ya next time. :)
    aku deket banget ke puri.
    dan cp is my second home deh gara2 GMS disana kali ya haha.
    aku pikir kamu tinggalna jauh.. hihi

    BalasHapus
  2. Baru bales komen Yani yang ini. Akakakak..Memang lo tinggal dimana Yan? Gw tinggal di daerah Meruya.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komentarmu yaa. Saya juga akan mampir ke blogmu ;)

recent posts

Popular Posts

Add Me ON

Blogger Perempuan

BB Member

Daftar Blog Saya

Subscribe