Properti Drama HandMade Part 2 (Golok Pembunuh Naga)

Sabtu, Agustus 18, 2012


Yang kali ini saya mau menunjukkan cara membuat pedang-pedangan untuk properti drama. Mungkin tidak sebagus kalau kita beli, tapi siapa tahu ada yang urgent butuh dan untuk mencari tidak tahu harus dimana.

Enaknya membuat properti drama sendiri, kita bisa membuatnya sesuai dengan kebutuhan. Saya sendiri masih perlu banyak belajar, terutama cara mengaplikasikan bahan atau memilih bahan yang tepat (jadi pengen banyak belajar tentang barang-barang kerajinan ).

Nah, ini proses membuatnya. Buat anak desain mungkin akan jadi lebih bagus, tapi karena ini yang buat cuma anak desain otodidak (Hahhaha..) hasilnya juga tidak seberapa. Tinggal dimodif sesuai keinginan dan kebutuhan deh.

Jadi, begini caranya..

Siapin bahan-bahan yang dibutuhkan, seperti papan plastik impraboard (Thank you buat Ferry yang udah kasih tau namanya :D), pilok warna emas, silver dan pearlsilver, lem plastik, cutter, gunting, kertas, pensil, kain emas/coklat/hitam dan lem kertas.

Prosesnya seperti ini.

Siapin perlengkapan dan bahan.




Cari contoh dulu di internet
 
Buat cetakan bentuk di atas kertas dulu. Gambar yang sudah jadi digunting untuk dijadikan pola. Kalau kamu tidak bisa menggambar, bisa dengan cara print gambar sesuai ukuran, lalu digunting.


Potong papan sesuai bentuk. Satu pedang terdiri dari tiga lapis. Ditempel jadi satu.

Jadi deh dua pedang. Kamu bisa membuat ukuran pedang agak besar supaya kamu bisa memotong-motongnya jika merasa ukuran kurang pas. Daripada kekecilan dan kalau mau dikikis sudah keburu habis. :D


Pilok seluruh bagian pedang dengan warna abu-abu. Setelah itu yang bagin tajamnya dipilok dengan warna pearl silver, biar terlihat sisi pedang itu memang tajam, walaupun sebenarnya tidak..

Untuk membuat bagian yang lebih terang, perlu menunggu warna dasarnya benar-benar kering dahulu. Setelah itu, tutpi bagian yang tidak akan dipilok dengan kertas supaya hasil pilokan lebih rapih.


Bungkus gagangnya dengan kain berwarna coklat atau gold, atau hitam lalu buat hiasan pedang dari papan yang sama, tapi dipilok emas.  Tempelkan hiasan setelah gagang dibungkus kain dan..JADI DEEEHHH...Golok Pembunuh Naga...Hahahha..
  Sebenarnya kurang puas dengan hasilnya, karena pilokannya hancur, tapi kata teman-teman tidak apa-apa karena tidak terlihat. Yah, lain kali harus bisa lebih bagus lagi. Amin.

Ini properti yang dadakan dibuat...Hahahah..selain pedang, yang lain cuma dipilok  saja...

You Might Also Like

0 op-knee

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komentarmu yaa. Saya juga akan mampir ke blogmu ;)

recent posts

Popular Posts

Add Me ON

Blogger Perempuan

BB Member

Daftar Blog Saya

Subscribe