If Jesus Never Born

Sabtu, Agustus 18, 2012


IF JESUS NEVER BORN
Direct & Script by: Raymond Budyanto
Costume: Ema Purnomo & Lasma Frida



Tanggal 24 Desemmber 2011 kemarin, tim PESRAN pelayanan kembali untuk perayaan Natal di dua ibadah di Belleza. Tema yang diberikan adalah IF JESUS NEVER BORN.

Beberapa bulan lalu kami sudah memikirkan ingin membuat cerita seperti apa, maka jadilah cerita ini.



Andri dan Benny adalah dua pelayan Tuhan yang bekerja keras memberikan yang terbaik untuk jemaat. Sayangnya gape antara dua generasi ini membuat mereka sering berselisih paham. Andri adalah orang baru di Gereja yang memiliki pandangan modern tentang mengembangkan gereja. Banyak ide-ide kreatif yang ia berikan untuk membuat jemaat lebih berkembang. Sayangnya, apa yang dilakukan Andri tidak sesuai dengan prinsip Benny. Benny adalah salah satu pendiri gereja dan berjuang susah payah supaya Gereja berkembang. Ia sangat memegang nilai-nilai yang ditanamkan di dalam jemaat sampai tidak mau memasukan unsur-unsur yang sesuai perkembangan jaman, yang membuat orang banyak menilai ia kuno dan kolot.

Di satu titik perbedaan pendapat Andri dan Benny meledak. Mereka bertengkar dan saling meluapkan amarah hingga melupakan arti pelayanan sesungguhnya. Di saat pertengkaran itu tanpa sadar Benny mengucapkan kata-kata yang tidak sepatutnya di ucapkan. " Apa itu kasih karunia?!! Saya tidak butuh kasih karunia!!". Tepat saat Benny mengucapkan kalimat tersebut, tiba-tiba langit bergemuruh dan datanglah petir menyambar mereka berdua sampai mereka pingsan.

Saat mereka terbangun, ternyata mereka sudah berada di negeri Israel jaman pemerintahan Herodes. Jaman dimana tidak ada nabi, tidak ada pemimpin yang menyampaikan pesan Allah. Negeri itu gelap dan pengampunan merupakan harga yang mahal. Herodes menghukum semaunya. Bahkan para Imam pun berpihak pada Herodes agar mendapatkan pengakuan dan jabatan.


Selama di negeri itu Benny dan Andri diannggap mata-mata dan djebloskan ke penjara. Mereka melihat bahwa mereka butuh kasih karunia dan merupakan suatu anugerah bisa merasakan kasih karunia tersebut. Dengan kasih karunia itu pula mereka dapat mengerti bahwa tubuh tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Andri membutuhkan Benny dan Benny membuthkan Andri, Kristuslah yang menjadi pusatnya.


Lalu apakah akhirnya Benny dan Andry bebas dari pemerintahan Raja Herodes?? Tidak,mereka malah mendapatkan hukuman pancung karena kabur dari penjara dan menolong orang Majus yang menghindari Raja Herodes. Mereka ingin menemui bayi Yesus dan Raja Herodes mengirim mata-mata bagi mereka supaya Raja Herodes dapat membunuh bayi Yesus.

Andri dan Benny berhasil menolong 3 orang majus, tapi mereka malah tertangkap dan langsung diberi hukuman mati.


Dari pertama dengar tema drama ini, saya cukup merinding. If Jesus Never Born?? Jaman masa Maleakhi sampai jaman Yesus adalah jaman gelap Israel, tapi bersyukur ada Nabi Yohanes lalu Yesus, Tuhan kita tercinta datang ke dunia...Tapi bagaimana kalau Yesus tidak datang?? Bagaimana kalau jaman kegelapan itu terus berjalan.

Tentunya kita tidak akan menerima kasih karunia. Mungkin kita akan tetap menyembah batu atau pohon. Kita akan terus merasa ketakutan dibayang-bayangi dosa. Tidak mengerti tentang pengaharapan dan pengampunan...Kasih karunia yang dari Allah itu mungkin hanya akan diberikan pada bangsa Israel. Kita yang bukan orang Israel hanya akan gigit jari mengharapkan pengampunan dan belas kasihan dari Allah, sambil terus berusaha menjadi sempurna sendirian...

Drama ini membuat saya pribadi bersyukur karena punya Tuhan yang mau merendahkan dan memberikan dirinya menjadi korban. " Biar Aku menanggungnya untumu, kamu tenang saja." mungkin Dia berkata seperti itu. Puji Tuhan tidak hanya sampai di situ, Dia mengajarkan tentang kebenaran dan kebaikan yang lebih dari yang manusia pikirkan...

Yang pasti kelahiran Tuhan Yesus adalah hadiah terbaik yang pernah kita terima, yang tidak akan bisa diganti dengan apa pun.

You Might Also Like

0 op-knee

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komentarmu yaa. Saya juga akan mampir ke blogmu ;)

recent posts

Popular Posts

Add Me ON

Blogger Perempuan

BB Member

Daftar Blog Saya

Subscribe