CURHATAN SI INTROVERT


Pic: lasma_manullang



Baru-baru ini saya baca artikel tentang orang introvert yang waktu baca saya pengen teriak “ Itu gua bangeeeettt!!” Hahahhaha…. Setelah baca itu saya jadi mau curhat sedikit… Ga deh.. Banyakkk.. Soal isi otak orang introvert.

Pertama orang kenal saya, orang pasti berpikir kalau saya orang yang ekstrovert, ramah dan banyak ketawa n cerita. Padahal aslinya saya sangat introvert dan ga terlalu betah ada di sekeliling orang banyak. Bisa dibilang saya ini introvert yang bawel … :p.

Saya bisa cerita A-Z tentang banyak hal. Mulai dari informasi yang pernah saya baca sampai kehidupan pribadi saya. Bisa open banget tentang masalah hidup dan pergumulannya.. Tapii.. Orang seterbukanya orang introvert seperti saya, rata-rata mereka hanya akan menceritakan apa yang mereka PIKIRIN bukan apa yang mereka RASAIN. Yang setuju sama saya angkat kaki!! :p.

Kenapa begitu ya?? Karena memang itu adalah kelemahan sekaligus kekuatan orang introvert. Kebanyakan mikir. Buat ekspresiin isi hati aja pakai mikir dulu. Etis atau ga.. rugiin orang lain atau ga… masuk akal atau ga… beralasan atau ga… Yang akhirnya rata-rata emosi dan perasaannya dipendam yang akhirnya bikin orang mikir orang kayak kita terlihat tenang dan kalem (padahal dalemnya udah kebakaran jenggot). Yang lebih parahnya orang kayak kita dibilang dingin dan ga berperasaan.

Nah, kalau suatu saat nemuin orang kalem yang tiba-tiba marah dan meledak… Itu tandanya dia udah ga bisa melogikakan perasaannya lagi. Itu tanda dia udah burn out dan udah ga bisa kendaliin hatinya lagi alias udah kebanyakan yang dipikirin.

Temen saya pernah Tanya, “ Lo kok bisa tahan ga cerita?” Pertanyaan bagus kan. Jawabannya Cuma satu, orang introvert cerita kalau dia ngerasa yang dia ceritain itu penting banget dan udah berat banget. Kalau dia ga cerita, berarti emang ga penting-penting amat dan hidupnya, walaupun ada masalah, buat dia ga ada masalah.

Jangan pernah paksa orang introvert buat cerita dan terbuka karena mereka sendiri bingung mau cerita dan terbuka soal apa dan bagaimana (gua banget dah). Cukup beri mereka pengertian kalau ada orang yang mau dengerin mereka kalau mereka punya masalah dan mereka pasti akan datang kalau benar-benar mau cerita.

Orang introvert bukannya anti sosial dan ga butuh orang lain, mereka hanya butuh banyak waktu sendirian karena itu cara mereka ngrecharge tenaga mereka. Kalau terlalu banyak ketemu orang, justru mereka akan sering merasa lelah dan mudah stress. Tapi bukan berarti ini jadi alasan orang introvert juga buat malas bersosialisasi. Gimana pun orang introvert kudu gaul.

Orang introvert memang cenderung sulit dimengerti karena tidak seekspresif orang ekstrovert, tapi bukan berarti orang introvert harus minder dan sembunyi di dalam goa. Tetaplah bergaul dan ambil bagian dalam masyarakat tanpa mengesampingkan quality time untuk sendirian (bahkan Tuhan Yesus juga punya ‘me time’ kan?)

Jadi, jangan anggap aneh orang introvert ya… Orang introvert juga jangan minder. Tuhan jadiin kita kayak gini buat melengkapi si ekstrovert dan begitu juga sebaliknya. Be proud and be the best of yourself. Ga ada yang salah dengan dirimu sendiri. Yang ada kamu unik dan sempurna di mata Tuhan.

Djakarta, 27th June 2012
 
Pengen bedain kamu cenderung ekst atau int?? KLIK SINI AJA.




2 Comments


UNFAMILIAR LOVER Semua orang seolah-olah bersepakat tidak menceritakan apa yang sebenarnya terjadi pada Hira 1 tahun yang lalu. Ingatan tentang penyebab kecelakaan yang dialami Hira, seolah tersapu bersih dari kepalanya. KLIK GAMBAR untuk lanjut baca

FREE DOWNLOAD CHRISTIAN ILLUSTRATION Ilustrasi-ilustrasi ini bisa kamu download secara GRATIS. Kamu bisa pakai ilustrasi ini untuk pelayanan dan penggunaan personal. KLIK GAMBAR untuk bisa lihat ilustrasi lainnya.

KAPAL KAWAN Inilah kumpulan cerita tentang persahabatan. Kisah cinta tanpa asmara bagai saudara walau tak sedarah. KLIK GAMBAR untuk baca GRATIS