Character Strengths - Wisdom & Knowledge

Senin, Maret 12, 2012


Berdasarkan janji saya untuk menuliskan character strengths and virtues yang saya tuliskan di blog saya yang INI,akhirnya saya tulis juga apa yang saya janjikan. Jadi, virtues itu ada 6 dan tiap virtues terdiri dari beberapa strength. Kalau kita punya 2 atau lebih strengths sebuah virtues, maka kita bisa bilang kalau kita bisa bilang virtues kita 'ini' atau 'itu'.

Berdasarkan buku Peterson and Seligman (2004) virtues yang pertama adalah wisdom and knowledge. Apaan tuh?? Kalau diartikan ke bahasa Indonesia berarti 'bijak dan pengetahuan' dan kalau menurut ahlinya berarti

Wisdom and Knowledge mencakup kemahiran dalam menggunakan informasi untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. Psikologi menyebutnya sebagai kekuatan kognitif. Banyak dari strength dari virtues yang ada melibatkan kekuatan kognitif ini, misalnya, kecerdasan sosial, keadilan, harapan dsb. (terjemahan skripsi)

Nah, wisdom and knowledge ini terdiri dari beberapa strengths. Apa aja tuh?? Ini diaaa!!



1. CREATIVITY (Originality, Ingenuity)

Ngomongin masalah kreatifitas yang biasanya orang pikirin soal kreatif kebanyakan langsung memikirkan hal-hal berbau seni seperti menggambar, menulis, teater, menyanyi, kerajinan tangan dan sebagainya..Tapiii..menurut Peterson dan Seligman ga begitu. Kreatifitas itu bicara soal bagaimana tindakan-tindakan kita membuat orang berseru WOW!!..KOK, BISA YAA!! atau ANEH, YA!! Sesuatu yang beda dan ga terpikirkan orang lain.


Berarti bener dong nyangkut-nyangkutnya seni (bayangin None Gaga)..No! No! ... Pernah tahu cerita MacGyver??


Dengan pose yang ini pasti ingaaattt!! Dulu dia keliatan kerennnn bangettt!! 

Sekarang, rambutnya aneh bangett =.= 


Nah, MacGyver itu salah satu orang yang kreatif (menurut Peterson & Seligman). Dia punya banyak ide yang adaptif untuk menyelesaikan masalah yang dia hadapi. Disaat orang-orang teriak-teriak dan panik dengan adanya masalah, dia berpikir tenang dan mencari jalan keluar lewat apa saja yang tersedia di sekelilingnya. Orang kreatif ga terbatas sama waktu, kapasitas, lingkungan dan banyak hal. Mereka memanfaatkan setiap hal yang ada didepan mereka (bukan berarti memperdaya).


Artinya, kreatifitas menurut Peterson dan Seligman mengacu pada kemampuan seseorang menyelesaikan masalah (problem solving) dengan cara yang tidak biasa. Idenya ga abis-abis. Gudang di otaknya mungkin unlimited edition. Informasi yang ada di kepala dia ga cuma dieremin sampai jamuran, tapi juga digunakan dengan maksimal dan bermanfaat. Seniman salah satu mereka yang tergolong kreatif, tapi para penemu, ilmuwan, bahkan polisi dan tentara (apalagi intel) harus punya kreatifitas untuk menyelesaikan masalah. Wartawan dan pengacara juga harus kreatif untuk mencari informasi yang akurat.

So, apakah ini salah satu Characther Strengthmu???


2. CURIOSITY (interest, novelty-seeking, openness to experience)

 Curiosity itu digambarkan dengan orang-orang yang biasanyaaaa....Pengen melakukan banyak hal mulai dari A-Z. Ditawarin kerjain ini mau, ditawarin kerjain itu mau. Bukan karena dia ga ada kerjaan, tapi karena dia punya keingin tahuan yang besar. Tipe ini juga biasanya banyak baca buku. Bukan cuma buku Love, Sex, and Dating, tapi juga buku tentang mengelola keungan, mendesain baju, buku biologi, buku pengetahuan umum dan banyak lagi. Tapiii...Belum tentu informasinya dipake...Hahhahaha...Dia cuma pengen tahu...

Pengen melakukan ini itu, tapi itu cuma karena pengen tahu. Belum tentu apa yang dimulai akan dia selesaikan. Setelah keingin tahuannya terpuaskan, mungkin akan dia teruskan mengerjakan, mungkin juga akan ia tinggalkan. Tergantung sifat orangnya. Mungkin orang yang suka banyak tanya ini itu dan gosip, salah satu dari orang yang memiliki strength ini. Hahhahaha..



3. Open-mindedness (Judgement, critical thinking) 


Kalau orang yang Open Minded...kamu bisa bayangin para ahli-ahli filsafat, teologi dan yang suka debat soal agama smapai baca literatur ini itu. Nah, mereka adalah orang-orang yang kritis dengan apa yang mereka percaya. Waktu misalnya mereka punya iman tentang Kristus, tau-tau ada yang bilang Allah itu Esa, ga mungkin ada tiga, biasanya orang ini akan sibuk untuk mencari tahu mana yang benar dan mana yang salah. Kalau ga yakin-yakian tentang kebenarannya, dia bisa stress juga. Dia termasuk yang ga gampang percaya apa kata orang sebelum dia sendiri mendapatkan informasi yang akurat. Tipe yang sangat kritis. Untuk meyakinkan orang ini tentang suatu hal, kita harus membawa bukti-bukti terpercaya ke hadapannya. Ga bisa deh kalau cuma pakai 'menurut gua' atau 'lebih baik kayak begini'...harus dikasih alesannya kenapa kita punya suatu pemikiran, kalau ga, ini orang ga akan puas. Hahahhaha...Apakah kamu seperti ini??



 4. Love of learning 

Orang-orang yang suka belajar biasanya neh sudah punya satu kemampuan dan dengan tekun akan mengasahnya. Dia ga puas punya kemampuan di suatu level aja. Dia mau meningkatkannya lagi dan lagi. Beda sama yang curiosity  tadi, orang yang love of learningnya tinggi ga berhenti sampai tahu, tapi sampai bisa dan akhirnya mahir. Selalu ingin maksimal dengan kemampuannya. Dia biasanya akan nguntitin guru kalau misalnya apa yang dia pelajari ga ngerti-ngerti juga, atau dia akan mencari infor bagaimana belajar merakit elektronik sendiri. Ga cuma sampai di situ, mungkin dia akan melakukan uji coba dan belajar dari kesalahan-kesalahan yang dia buat. Paling demen dah sama trial error...en error.



5.  Perspective (wisdom) 

Kekuatan ini emang ga banyak orang punya. Orang yang punya perspektif yang baik kelihatan lebih tuanya (maksudnya lebih dewasa, buuu). Mereka menggunakan informasi dan pengalaman untuk menyelesaikan masalah.  Dia juga ga akan asal bunyi dan asal kerja. Dia orang yang sangat berhati-hati menggunakan pengetahuannya. Biasanya orang ini adalah penasehat yang baik dan ga memihak. Pasti kamu langsung kebayang salah satu temen kamu yang tipenya kayak gini. Atau salah satunya kamu??


Itulah dia 5 strengths  dari wisdom and knowledge. Kira-kira kamu yang mana yaaa?? Kalau mau di tes boleh ke page INI. Boleh deh kamu ceritain hasil dari tesnya. Hehhehehe...


You Might Also Like

3 op-knee

  1. Punyaku ini

    Love of learning
    You love learning new things, whether in a class or on your own. You have always loved school, reading, and museums-anywhere and everywhere there is an opportunity to learn.

    dan

    Forgiveness and mercy
    You forgive those who have done you wrong. You always give people a second chance. Your guiding principle is mercy and not revenge.

    :D :D :Daku tesnya udah lama hahah dan belum sempet ngetes lagi XD

    BalasHapus
  2. I c ..I c...Aku aja udah lupa yang punyaku apa. Hahhahaha...

    BalasHapus
  3. Hi, artikelnya menarik,
    Paparan CSV akan lebih baik bilang lebih lengkap, virtue-virtue yang lain juga dipaparkan hehe... tpi udah good kok artikel kakak :D
    untuk informasi lengkap dr CSV ada website interaktif (ada tes'nya juga, tp harus buat akun dlu disana hehe)
    http://www.viacharacter.org/www/Character-Strengths/VIA-Classification

    best regards,,

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komentarmu yaa. Saya juga akan mampir ke blogmu ;)

recent posts

Popular Posts

Add Me ON

Blogger Perempuan

BB Member

Daftar Blog Saya

Subscribe