Jangan Sepelekan Musik dan Lirik

Rabu, Januari 04, 2012

Enak diGrill
Tadi pagi sampai ke kantor telat dengan perasaan dag dig dug karena akan ada training. Eh, ternyata trainingnya ga jadi. Seperti biasa, saya Ms. Hika, dan Pak Is ngobrol-ngobrol dulu di ruang guru. Obrolan kami seperti biasa ngalor ngidul sampai akhirnya obrolan kami mengarah ke pakaian yang dibuat dari daging. Tau dong pakaian fenomenal ini punya siapa. Iyeee...si None Gaga...

Saya bukan mau membahas None Gaga atau pakaiannya yang super nyentrik dan histrionik, tapi mau membahas pengaruh yang ditimbulkan oleh None Gaga dan kawan-kawannya terutama di Musik dan Lirik.

None Gaga itu memang fenomenal luar biasa, banyak orang yang pro, banyak pula yang kontra. Saya termasuk yang kontra di dalamnya..Hahahha...Berasa aneh liatnya. Baiklah buak keanehannya yang akan saya bahas, tetapi tentang lirik-lirik lagunya.


Sudah tahu lagu baru None Gaga yang judulnya Black Jesus?? Waktu tahu judul ini saya cuma membayangkan Tuhan Yesus yang model Africa America..Ga ada masalah sih, tapi coba simak sedikit liriknya ya.

They call me white Devil, black Jesus
Heaven closes, Hell freezes
Ego's trippin', scripts keep flippin'
Bloods keep bloodin', Crips keep crippin'
Time keeps slippin' and I keep fallin'I can't see but
 I hear them callin', ballers ballin'
Players playin', haters fightin', righteous prayin'
Don't forget Manhattan keep makin', Brooklyn keep takin
'Shook ones keep shakin', no time for fakin
'Know what I mean, I ain't choppin' no bars just risin' like cream
If you diggin' the scene, you feelin' the vibe
Throw your hands in the air, scream are you alive
Singin' na, na, na, na, na, na [X4]


Saya ga tahu pasti artinya apa. Buat saya lirik itu terdengar aneh. Mungkin tidak bermakna apa-apa, tapi tetap saja berasa sesuatu apalagi di lirik They call me white Devil, black Jesus Heaven closes, Hell freezes. None Gaga bilangnya lagu ini sebenarnya tentang fashion...Okkk...Apa hubungannya Jesus dengan fashion?? Apa pun motivasi dia, buat saya lirik dia ini aneh and I don't like it (nama Tuhan dibuat komersil).


Pernah liat lirik lain dari Nona Gaga. Judas misalnya..


"When he comes to me, I am ready
I'll wash his feet with my hair if he needs
Forgive him when his tongue lies through his brain
Even after three times, he betrays me"

Dia sangat kreatif dengan mengambil cerita wanita yang membasuh kaki Yesus dan Petrus yang menyangkal Yesus. Nice lirik, tapi tetap saja saya tidak suka. 

Itu None Gaga...Bagaimana dengan yang lain?? Coba kita check lagu Indonesia..Ini lagunya Maia dan Cinta Laura judulnya Penghianat Cinta. Kesan apa yang kita dapat dari lagu ini??

Joli itu tak lebih pintar dariku
Si doi body'nya kayak bodyguardku
Sementara mona tingkahnya belagu
Dan lola kampungan

mreka itu temanku
mreka itu sahabatku
mreka itu temanku
mreka itu sahabatku
mreka pengkhianat cinta..

Pengkhianat cinta..

Kau pengkhianat cinta...

Kau pengkhianat cinta...

Nah, yang ini lagunya ST12- Cari Pacar Lagi. Kesan apa yang timbul dari lagu ini??

Ku peluk memeluk dirimu
Tak hangat seperti dulu
Ku jadi selingkuh karna kau selingkuh
Biar sama-sama kita selingkuh

Oo ooh i am sorry
Ku tak akan love you lagi

Reff :


Biar ku putuskan saja
Ku tak mau hatiku terluka
Lebih baik ku cukupkan saja
Ku tak mau batinku tersiksa

**
Jangan kau slalu merasa
Wanita bukan dirimu saja
Lebih baik ku putuskan saja
Cari pacar lagi

Mari belajar bahasa Indonesia, apa makna di balik lirik-lirik di atas?? Pesan apa yang diberikan dari lirik-lirik di atas??

Akakkaka...Yang Bahasa Indonesianya bagus pasti bisa jawab...Saya pribadi tidak suka lirik-lirik di atas. Yah, kadang-kadang saya tidak sadar menyanyikannya karena pengamen atau tukang cd emperan kadang-kadang memutar berkali-kali. Saya juga penggemar lagu dan banyak mendengarkan lagu.



Tapiiii...Akhir-akhir ini saya mendengarkan sambil mencermati (apalagi kalau yang nyanyi bule), apa arti dari lirik-lirik lagu mereka? Pesan apa yang disampaikan lewat lagu itu? Emosi apa yang disalurkan lewat musik dan nadanya??

Ribet banget ya denger musik doang...Memang, tapi saya menyadari satu hal...Perhatiin generasi sekarang yang bergaul bebas, pacaran sana sini, pakaian ga dijaga, suka berontak dan sebagainya...Yup, mereka juga terpengaruh dari musik.

Tiap hari dicekokin lagu yang berbau cari pacar, apa-apa pacar, apa-apa cinta...Kita jadi memikirkannya ke sana terus (plus sinetron yang penuh roman dsb). Belum lagi lirik-lirik yang penuh dengan amarah dan pemberontakan..

Lagu itu kan jujur. Gimana mau kreatif kalau ga jujur. Jadi ga boleh neh denger-denger lagu kayak gitu?? Buat saya sendiri bukan bilang ga boleh, tapi berguna atau ga. Membangun roh atau ga. Denger mah denger aja, tapi kalau dikonsumsi tiap hari dan dijiwai...Apalagi buat para ABG yang emang lagi labil..Bahayaa...Menambahkan pergumulan dan kegalauan, masalah biasa bisa jadi luar biasa.

Kenapa saya bahas ini?? Cozz...Sadar ga sadar musik dan lirik itu sangat mempengaruhi hidup looohhh... Banyak penelitian yang membuktikan hal itu. Misalnya, sapi yang diberikan musik mozart dan tidak diberikan musik akan menghasilkan banyak susu. 

Dalam ilmu psikologi sendiri, musik sudah menjadi salah satu bentuk terapi penyembuhan. Musik yang tenang, ceria, atau penyemangat dapat membangun kondisi psikologi seseorang. Bisa dibayangkan jika kita banyak mendengarkan musik yang penuh amarah, penuh cacian, berbau seks bebas, sadistik, pesta pora dan sebagainya...

Adik saya pernah bercerita tentang kotbah pendeta yang mengatakan kalau musik punya jiwa. Saya sangat setuju dengan kalimat itu. Musik memang memiliki jiwa. Seorang komposer menciptakan lagu sama saja memasukkan setengah emosinya ke dalam lagu tersebut dan emosi itu yang membuat musik menjadi hidup dan memiliki jiwa. Pernah dengar kan komentar "Wah, musik kamu hidup."...Itulah feel yang kita dapat saat mendengarkan musik feel yang dirasakan pencipta lagu itu sendiri. 

Bagaimana dengan lirik lagu?? Kita tahu pasti lirik lagu membuat musik menjadi lebih mudah dimengerti. Apa yang terkandung di dalam musik menjadi lebih mudah dimengerti saat ada lirik..Yang jadi masalahhhh..Lirik seperti apa yang selama ini kita dengar?? 

Dalam ilmu psikologi, kata-kata yang kita dengar setiap hari pasti akan mempengaruhi diri kita. Kalau setiap hari kita dibilang jelek, walaupun kita melawan, lama-lama pasti kita mengaku diri kita jelek dan yakin kalau kita jelek. Kalau tiap hari kita dikatakan pintar, walaupun tidak yakin, pasti lama-lama kita jadi orang yang yakin diri kita pintar.

Dua hal yang dahsyat disatukan dalam lagu...Ckckckck..kebayang ga pengaruhnya terhadap kita yang mendengarkan??

Saya sempat bertanya-tanya kenapa ya anak-anak sekarang demen banget cari pacar?? Pengen punya pacarrr mulu...Waktu cek-cek lirik-lirik lagu..Hmmm...Ya bener ya, temanya cinta semua..Patah hati...Minta buru-buru ditembak...Minta ga digantung...Pokoknya cinta berbunga dimana-mana.

Kenapa ya anak-anak sekarang pada males dan suka berontak?? Hahhahah...Sekarang juga banyak lagu-lagu malas. Lagu-lagu penuh amarah yang menginginkan kebebasan...

Ada tuh liriknya BCL-Pernah Muda...jadi liriknya bilang..


Biarkanlah saja dulu kita jalan berdua
Mereka pun pernah muda... pernah muda...
(Saatnya kau dan aku sekarang)
Bilang papa mu berhenti urusin semua urusan kau dan aku
Bilang mama mu tak perlu kuatir atau pun curiga kepadaku 

Pertama dengar lirik lagu ini cuma bisa geleng-geleng kepala. Saya suka musiknya, tapi waktu nyanyiin reffnya ini bisa ngoceh-ngoceh sendiri. Bayangkan saya mengatakan lirik itu pada Papa n Mamanya Aki...Bisa langsung di black list saya. Perempuan macam apa yang bicara seperti itu tentang orang tua pacarnya?? Ckckckckckc...

Sadar ga sadar lirik-lirik ini jadi pola pikir kita loh. Jadi keyakinan kita...Saya sendiri sering mengevaluasi apa yang saya dengar dan waktu saya bandingkan dengan kehidupan saya, ya...Ada pengaruh. Entah mood, entah pola pikir..Mungkin ada yang mau mencoba mengevaluasi diri juga??

Yang pasti kalau dihubungkan dengan firman Tuhan, Tuhan sendiri memakai musik sebagai salah satu hal yang penting. Di surga saja digambarkan orang-orang yang menyanyi-nyanyian baru, di perjanjian lama juga banyak gambaran penyembahan dan pujian pada Tuhan dengan nyanyian. 


Mereka menyanyikan suatu nyanyian baru di hadapan takhta dan di depan keempat makhluk dan tua-tua itu, dan tidak seorangpun yang dapat mempelajari nyanyian itu selain dari pada seratus empat puluh empat ribu orang yang telah ditebus dari bumi itu. Wahyu 14:3



  1. Sebab itu aku mau menyanyikan syukur bagi-Mu, ya TUHAN, di antara bangsa-bangsa, dan aku mau menyanyikan mazmur bagi nama-Mu.2 Samuel 22:50

Jadi, lagu itu sendiri sebarnya tidak bisa dianggap enteng. Pasukan Israel saja bisa merobohkan temmbok Yerikho hanya dengan 7 kali keliling sambil meniup sangkakala doang, apalagi jiwa kita..bisa luluh lantak kalau tidak memilah-milah.

Boleh atau ga sih dengerin lagu-lagu itu?? Yuk, pakai hikmat kita 

"Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun. 1 Korintus 10:23

Mungkin kita suka lagu-lagu sekuler (termasuk saya), tapi yuk kita belajar menyaring apa yang kita dengar dan ga cuma apa yang kita dengar, tapi juga apa yang kita lihat, apa yang kita baca, apa yang kita terima lewat 5 pancaindera kita karena apa yang kita terima lewat panca indera kita pasti akan mempengaruhi jiwa dan roh kita. So, mari kita jadi lebih bijak. :D



Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.Filipi 4:8

Dan kita sendiri ga akan bisa memikirkan itu semua kalau kita ga pernah mendengar, melihat, dan merasa segala sesuatu yang benar, yang mulia, yang adil, yang suci, yang manis, yang sedap, yang disebut kebajikan, dan yang patut dipuji. Mau melihat, mendengar dan merasa itu semua??Baca Firman Tuhan...Hehheheh...

God Bless..Moga-moga memberkati.

You Might Also Like

5 op-knee

  1. Aaahh, like this sangat...

    Gw pernah ikut seminar soal musik dan bahkan si Lady Gaga itu dibilang termasuk salah satu anggota gerakan pemuja setan gtu >,<

    Ak sih skarang udah ga pernah update sama lagu2 yg lagi ngetrend, lebih suka lagu jaman Frank sinatra yang sepertiny 'agak' lebih bijaksana^^ Tapi itu juga udah jarang dengerinnya, paling kalo lagi kangen banget. Sedang belajar mendisiplinkan diri untuk dengerin musik rohani aja, yang sudah jelas membangun.

    Emang harus hati2 banget sama lirik lagu, karena ketika itu kita ucapkan, bagaimanapun tetap akan punya kuasa. Kayany aku jg pernah nulis soal ini deh, tp lebih fokus ke lagu cinta yang kadang bikin kita jadi galau n self pity...

    Strategi si Iib sepertinya semakin beragam...

    BalasHapus
  2. sutejoooooo!!! dlu waktu SMU aku mpe brkali2 djelasin ama kk pmbimbing aku soal bahaya musik..akhirnya aku ngrti bahayanya, mpe pernah ada sminarnya pula. Iya anak jmn skrg emg udh kbnyakan kena pngaruh musik, kaya dibrain wash gitu sadar g sadar jadi masuk kedalam n mmpengaruhi pola pikir n prilaku hhehe ;p

    BalasHapus
  3. Hahahha...emang neh musik sekarang perlu saringan yang lebih rapet. Sekarang juga kalau denger lagu yang enak, langsung ngecek liriknya...Hahahha...Jadi sensitif ama hal yang menurut orang lain sepele :p

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Hahahha...emang neh musik sekarang perlu saringan yang lebih rapet. Sekarang juga kalau denger lagu yang enak, langsung ngecek liriknya...Hahahha...Jadi sensitif ama hal yang menurut orang lain sepele :p

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komentarmu yaa. Saya juga akan mampir ke blogmu ;)

recent posts

Popular Posts

Add Me ON

Blogger Perempuan

BB Member

Daftar Blog Saya

Subscribe